Ajaran Nabi Kongzi tidak Akan tercela

Shusun Wushu 叔孫武叔 mencela Ajaran Zhong Ni 仲尼 {Kong Zi 孔子}.

Zi Gong 子貢 berkata, “Sia-sia saja ia berbuat demikian. Ajaran Zhong Ni tidak akan tercela. Kebijaksanaan orang-orang lain boleh diumpamakan sebagai bukit yang dapat dijelajahi dan dilewati. Sedangkan Ajaran Zhong Ni adalah laksana matahari dan bulan yang tidak dapat diraih dan dijamah. Meskipun orang mencela, dapatkah ia merusakkan matahari dan bulan ? Hal ini hanya menunjukkan ia tidak mengenal kemampuan diri sendiri.” (Sabda Suci XIX.24).

Matahari dan Bulan mempunyai terang, maka dimana tembus cahaya akan disinarinya.

Nabi Penerus dan Penyempurna

Zhong Ni 仲尼 {nama kecil Kong Zi 孔子 } meneruskan Jalan Suci Yao 堯 [2357 SM – 2255 SM] dan Shun 舜 [2255 SM – 2205 SM] serta mengembangkan Jalan Suci Zhou Wen Wang 周文王 dan Zhou Wu Wang 周武王.

Di atas sesuai dengan peredaran alam semesta dan di bawah sesuai dengan air dan tanah. (Tengah Sempurna XXIX.1).

Beliau adalah laksana Langit dan Bumi, tiada sesuatu yang tidak didukungnya dan tiada sesuatu yang tidak diteduhinya.

Beliau adalah laksana Empat Musim saling berganti tiada hentinya, sebagai matahari dan bulan saling berseling memberi cahaya. (Tengah Sempurna XXIX.2).

Berlaksa wujud terpelihara dengan tidak saling mencelakakan, begitupun Jalan Suci terlaksana dengan tiada yang saling bertentangan.

Kebajikan Kecil Kong Zi 孔子 adalah ibarat air yang mengalir tiada hentinya (guna memberi kehidupan kepada segala mahkluk), sedangkan Kebajikan Besar Kong Zi adalah sebagai pokok terutama yang melakukan pembentukan dan peleburan segala sesuatu dengan tiada habisnya.

Karena itulah dikatakan mengapa Jalan Suci Langit dan Bumi itu demikian besar.(Tengah Sempurna XXIX.3).

Nabi Bagi Semua

Tengah Sempurna XXX.1

Hanya seorang Nabi di dunia ini yang mencapai kepandaian luhur yang sempurna, yakni :

● Terang pendengarannya

● Jelas penglihatannya

● Cerdas pikirannya

● Bijaksana perbuatannya.

Dengan demikian cukuplah (syarat) Iamenjadi Pemimpin (Dunia).

Keluasan dan Kemurahan Hatinya, Kesabaran serta Kelemah-lembutanNya, cukup untuk meliputi segala sesuatu.

SemangatNya yang berkobar-kobar, Keteguhan dan Kekerasan hatinya yang tidak mudah tunduk serta Tahan Uji, cukup untuk mengendalikan dan mengatur pekerjaan besar.

KejujuranNya, KemuliaanNya, KelurusanNya serta sikapnya yang Tengah Sempurna, cukup untuk menunjukkan kesungguhan dan ketulusan hatiNya.

KedisplinanNya, Tanggung jawabNya, KetelitianNya serta sikap Kehati-hatianNya, cukup baginya untuk dapat memilahkan segala sesuatu. (Tengah Sempurna XXX.1).

KebajikanNya tersebar luas, dalam, tenang dan mengalir tiada henti-hentinya ibarat air yang keluar dari sumbernya. (Tengah Sempurna XXX.2).

Keluasan daripada KebajikanNya adalah laksana luasnya Langit yang meliputi segala sesuatu dibawahnya.

Kedalaman dan KetenanganNya adalah laksana air yang sangat dalam dan tidak dapat diduga dalamnya.

Kebajikan Beliau yang Maha Besar, Maha Luas dan Maha Dalam itu menjadikan rakyat yang melihatnya, tiada yang tidak menghormat kepadaNya. Rakyat yang mendengar kata-kataNya tiada yang tidak menaruh percaya akan KebenaranNya. Dan rakyat yang mengetahui perbuatanNya, tiada yang tidak bergembira. (Tengah Sempurna XXX.3).

Demikianlah kemasyhuran Nama Kong Zi 孔子 hingga tersebar meliputi seluruh Tiongkok, tersebar hingga ke tempat-tempat yang masih didiami oleh suku-suku barbar, dan dimanapun segala macam perahu ataupun kereta dapat mencapainya serta dimana saja tenagamanusia dapat menempuhnya.

KegemilanganNya meliputi semua yang dinaungi Langit dan didukung Bumi, yang disinari matahari dan bulan serta yang ditimpa salju dan embun. Semua mahkluk yang berdarah dan bernafas, tiada yang tidak menjunjung tinggi dan mencintaiNya.

Maka dikatakan bahwa Kong Zi telah manunggal dengan Tian Yang Maha Esa. (Tengah Sempurna XXX.4).


☀儒教經書�四書五經
Rú Jiào Jīng Shū □ Sì Shū Wǔ Jīng.
Bái {拜}: 陳 燕 峰

Tinggalkan komentar