SURAT DOA SEMBAHYANG HARI LAHIR SĀNBǍO DÀRÉN

SURAT DOA SEMBAHYANG HARI LAHIR SĀNBǍO DÀRÉN
三寶大人千秋典禮祝文

昊天陛下, 至高至大, 至聖引導, 鄭大人允, 祖先允許….欽哉 !
Huàngtiān bì-xià, zhìgāo zhìdà, zhìshèng yǐndǎo , Zhèng dàrén yǔn, zǔxiān yǔnxǔ. Qīnzāi!
Ke hadirat Tuhan Yang Maha Mulia, di tempat yang Tinggi, Maha Gemilang, dalam tuntunan Nabi Kŏngzĭ, teladan dan penyertaan Yang Mulia Sānbǎo Dàrén serta restu segenap leluhur.
Dipermuliakanlah!


Diperkenankan pada hari yang baik ini ( ), kami berhimpun di kelenteng . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . untuk bersama bersembahyang memperingati dan merayakan hari kelahiran Yang Mulia Sānbǎo Dàrén. Dengan rakhmat Huángtiān ridailah kami akan sampaikan ungkapan syukur dan permohonan kepada yang mulia Sānbǎo Dàrén. Qīnzāi!
Yang Mulia Shénmíng Sānbǎo Dàrén yang kami junjung dan hormati; dengan rida Huángtiān, saat ini kami berhimpun, bersimpuh, menyampaikan hormat, mengenang dan memperingati saat suci kelahiran Yang Mulia yang ke- . . . . . .. Kami syukuri pula, segenap suri tauladan, kebesaran, keagungan, kebajikan dan jasa-jasa Yang Mulia atas kehidupan negara dan masyarakat di masa dan di tempat Yang Mulia berkiprah. Qīn-zāi!


Keteladanan Yang Mulia yang dengan ketulusan memupuk persaudaraan di berbagai penjuru dunia dengan membawa misi perdamaian dan persahabatan ke berbagai pelosok kerajaan, namun dengan selalu menjunjung tinggi kehormatan negara Ming Yang Agung, berlaku satria tegas menumpas para bajak laut, adil, berlaku susila, serta senantiasa memelihara semangat persaudaraan antar manusia, antar golongan dan penganut berbagai keyakinan-agama, semoga semua semangat itu menjadi kekuatan keteladanan bagi kami untuk melangkah dalam kehidupan ini, sehingga kami selalu boleh berusaha mengerti, menerima, menegakkan dan akhirnya menggenapkan Firman Huáng-tiān, mengembangkan Benih-benih Kebajikan Huáng-tiān dalam hidup kami, melaksanakan tugas-kewajiban hidup di dunia ini, sesuai dengan profesi dan kondisi kami masing-masing. Qīnzāi!


Kami kenang juga bahwa Yang Mulia Sānbǎo Dàrén melaksanakan misi perdamaian dalam 7 kali pelayaran mengelilingi dunia beserta armada agung, dengan selalu berusaha memberikan penghargaan kepada masyarakat, budaya dan keyakinan agama di setiap wilayah yang disinggahi. Kebesaran jiwa Yang Mulia Sānbǎo Dàrén juga tercermin saat berhadapan dengan para pembantu di kalangan internal dengan berbagai agama dan kepercayaan, namun selalu mereka boleh rukunharmonis, bersatu-padu mensukseskan menggenapkan tugas besar negara, membawakan rasa aman dan persaudaraan yang sejati di antara sesama manusia….. semoga itu semua juga akan mendorong dan memacu hidup kami untuk mampu menjadi agen-pelaku kehidupan yang rukun damai harmonis, dengan toleransi yang sejati bagi sesama anak bangsa di negara NKRI kami tercinta. Qīn-zāi!


Yang Mulia Sānbǎo Dàrén sungguh adalah patron-teladan kebesaran-keagungan dan pelindung semangat persaudaraan antar sesama manusia. Terimalah hormat-takjub dan doa yang kami sampaikan dengan setulus hati dan dengan penuh ketulusan dari dalam hati ini. Qīn-zāi!


Sembah sujud dan syukur ke hadirat Huáng-tiān, serta hormat kami kepada Yang Mulia Sānbǎo Dàrén….. Semoga dijauhkan hati kami dari kelemahan, keluh-gerutu kepada Huángtiān, sesal-penyalahan kepada manusia. Karuniakanlah kami mampu tekun belajar dari tempat yang rendah ini menuju tinggi menempuh Jalan Suci, meneladani Yang Mulia Sānbǎo Dàrén; yakin di dalam hidup ini, Huáng-tiān senantiasa menilik, membimbing dan menyertai kehidupan kami. Maha besar Tuhan khalik semesta alam, …Tian senantiasa melindungi Kebajikan.

鄭上將到, 吾心奉禱, 祈大人保.
Zhèng shàngjiàng dào, wú xīn fèngdǎo, qí dàrén bǎo.

謝天之恩, 上不怨天, 下不尤人,
Xiè Tiān zhī ēn, shàng bú yuàn Tiān xià bù yóu rén,

下學上起, 皇矣上帝, 惟天佑德,
Xiàxué shàngqǐ, Huángyǐ Shàngdì, wéi Tiān yòu dé.

善哉! Shànzāi!


Khonghucu Indonesia 印尼孔教

Tinggalkan komentar