Surat Doa Zhong Qiu

皇天陛下,至高至大, 至聖引導, 神明保祐, 祖先允許, 欽哉!

Huáng Tiān bìxià, zhìgāo zhì dà, Zhì Shèng yǐndǎo, Shénmíng bǎoyòu, Zǔxiān yǔnxǔ, qīn zāi!

ke Hadirat HuángTiān, Tuhan yang Maha Besar, di tempat yang Maha Tinggi, Maha Mulia, dengan bimbingan Dà chéng zhì shèng xiān shī Kǒngzǐ , teladan dan Penyertaan para Shenming serta Restu para Leluhur, Dipermuliakanlah !

Sembah sujud, syukur dan terima kasih kami keluarga besar Umat Khonghucu Indonesia dalam naungan MAKIN Sungai Raya Kepulauan naikkan ke hadirat Huáng Tiān yang telah memperkenakan kami, pada hari ini Selasa, 21 September 2021 (8 月 15 日 2572 年, 孔子曆) kami berhimpun di Kelenteng Budi Utama, Pantai Laut Teluk Suak. Dipermuliakanlah.!

Puji dan syukur kami naikkan, berkenan Tian pada malam suci bulan purnama pertengahan bulan 8 Imlek ini (Ba yue shi wu). Kami berhimpun bersama melaksanakan ibadah persembahyangan ‘Qiu Chang Zhong Qiu’ mensyukuri rakhmat dan karunia yang telah Tian limpahkan bagi Kehidupan makhluk di Dunia ini. Dipermuliakanlah!.

Huang Tian, telah menciptakan alam semesta dan menjilmakan makhluk, melengkapinya, sehingga genaplah Sancai , Tiga dasar Kenyataan :

  • TIAN sebagai Khalik yang wajib Satya, bakti dan sujudi.
  • DI , Bumi , semesta alam sebagai ciptaan Tian yang mewujudkan Kemahakuasaan, Kemahabesaran, dan Maha Kasih Tuhan, serta
  • Ren, Manusia sebagai yang terluhur diantara makhluk di muka bumi ini, yang mengemban Firman Tian di dalam hidupnya, sehingga boleh berkembanglah Kebajikan, pancaran kemuliaan Tian , Dipermuliakanlah!

Sembah dan sujud kami pada malam yang suci ini berkenan Tian menerima; senantiasa meneguhkan Iman dan Satya kami menghayati Firman Tian yang menjadi Watak sejati manusia dan mengamalkannya, yakni :
Sadar untuk selalu berusaha hidup didalam Jalan Suci, Tenggang rasa, Tepasarira kepada sesama dan memahami peranan Agama sebagai pembimbing di Jalan Suci, sehingga rakhmat sentosa dan bahagia boleh meliputi penghidupan ini.

謝神明恩, 謝天之恩, 上不怨天, 下不尤人下學上奮。皇矣上帝,惟天佑德,善哉。Xiè Shénmíng ēn, xiè Tiān zhī ēn, shàng bù yuàn Tiān, xià bù yóu rén xià xué shàng fèn.

Huáng yǐ shàng Dì,
Wéi Tiān yòu dé, shànzāi.

By : Khonghucu Indonesia 印尼孔教

Tinggalkan komentar